22.06 | Posted in
Kategori : Kota dan Tempat Menarik Lainnya

Kabupaten/Kota : Kabupaten Aceh Besar

Cara Menuju Lokasi :  Dari Kota Banda Aceh menuju Kota Jantho, jarak tempuh sekitar 60 km, bisa menggunakan kendaraan pribadi, ataupun transportasi umum.

Selayang Pandang  : Kabupaten Aceh Besar di sisi barat, timur dan utaranya dibatasi dengan Samudera Hindia, Selat Malaka dan Teluk Benggala, Sedang untuk wilayah darat, Kabupaten Aceh Besar berbatasan dengan kota Banda Aceh di sisi utara, Kabupaten Aceh Jaya di sebelah barat daya, serta Kabupaten Pidie di sisi selatan dan tenggara. Kabupaten Aceh Besar terletak di ujung barat daya Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan merupakan titik awal dari Kota Banda Aceh menuju daerah Aceh dan Sumatera lainnya. Sebelum dimekarkan di akhir tahun 70an, Ibukota Aceh Besar adalah Kota Banda Aceh, kemudian Kota Banda Aceh berpisah dan menjadi Kotamadya sehingga Ibukota Aceh Besar pindah ke daerah Jantho di pegunungan Seulawah.







  • Pantai Lampu`uk  

Kategori : Kepulauan dan Pantai

Alamat Lokasi : Desa Meunasah Masjid, letaknya sekitar 15 KM dari Kota Banda Aceh.

Cara Menuju Lokasi :  Lokasi ini terletak sekitar 15 KM dari Banda Aceh dan dekat dengan jalur Banda Aceh - Calang (Aceh Jaya). Karena letaknya dekat dari Banda Aceh, kendaraan seperti mobil pribadi, kendaraan umum atau taxi dapat menuju daerah ini.












Info :  Pantai Lampu`uk mempunyai pantai dengan pasir putih dan terletak di teluk sehingga tempat ini sangat cocok sebagai area rekreasi pantai baik untuk berenang atau sekedar menikmati suasana pantai yang indah. Sebelum terjadi Tsunami, daerah ini merupakan perkampungan tradisional dengan penduduk yang bekerja sebagai nelayan, petani cegkeh, pegawai pabrik Semen SAI dll. Karena daerah ini terletak di bibir pantai dan di ujung pulau Sumatera, maka kerusakan akibat Tsunami sangat fatal. Cukup banyak penduduk di daerah ini menjadi korban. Bantuan dari manca negara yang sangat dominan terlihat di sini adalah bantuan fisik dari negara Turki. Beberapa gambar di sini menunjukkan bahwah bantuan saudara-saudara kami dari Turki sangatlah bermanfaat.





  •  Pantai Lhok Mee

Kategori : Ekowisata

Alamat Lokasi : Desa Lamreh, Dusun Lhok Mee, Jalan menuju Krueng Raya, sekitar 30 Km dari Kota Banda Aceh.

Cara Menuju Lokasi :  Untuk mencapai tempat ini bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.










Info :  Pantai Lhok Mee merupakan pantai berpasir putih yg indah dan menjadi salah satu tempat rekreasi bagi masyarakat lokal maupun wisatawan. Disepanjang pinggir pantai terdapat warung yg menjual makanan dan minuman bagi para pengunjung. Tidak jauh dari kawasan pantai terdapat perumahan penduduk setempat.









  • Pantai Lhok Nga  

Kategori : Kepulauan dan Pantai

Alamat Lokasi : Kecamatan Lhok Nga, Kabupaten Aceh Besar.

Cara Menuju Lokasi :  Lokasi ini terletak sekitar 17 KM dari Banda Aceh dan dekat dengan jalur Banda Aceh - Calang (Aceh Jaya). Karena letaknya dekat dari Banda Aceh, kendaraan seperti mobil pribadi, kendaraan umum atau taxi dapat menuju daerah ini.









Info :  Sebelum bencana Tsunami melanda Aceh, kawasan pantai ini sangat indah, sekarang sedikitnya terkena abrasi oleh air laut, walaupun demikian pesona keindahan dari pantai ini tidak pernah hilang. Sampai sekarang obyek wisata pantai ini banyak dikunjungi bila hari libur tiba, dan juga ombak di pantai ini sering digunakan untuk kegiatan para pecinta surfing.







  • Pantai Ujong Batee   

Kategori : Kepulauan dan Pantai

Alamat Lokasi : Kecamatan Mesjid Raya, jarak tempuh sekitar 17 km dari Kota Banda Aceh menuju Krueng Raya

Cara Menuju Lokasi :   Karena letaknya dekat dari Banda Aceh, kendaraan seperti mobil pribadi, kendaraan umum atau taxi dapat menuju daerah ini.







Info :  Pantai indah yang berpasir putih ini selalu menjadi tujuan wisata masyarakat daerah ini. Kawasan wisata ini juga berdekatan dengan obyek wisata Benteng Indra Patra.










  • Pulo Aceh  


Kategori : Ekowisata

Alamat Lokasi : Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar.

Cara Menuju Lokasi :   Dari Banda Aceh dengan menumpangi (boat) perahu motor membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.







Info :  Pulo Aceh adalah Wilayah Kecamatan dari Kabupaten Aceh Besar, yang terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil dengan pemandangan yang sungguh indah dan mempesona. Begitu juga dengan pemandangan bawah laut yg tidak kalah indahnya, berbagai jenis ikan hias dan terumbu karang yg indah dapat ditemukan disini. Gugusan pulau-pulau yg indah ini antara lain Pulau Breuh, Pulau Nasi, Pulau Keureusik, Pulau Bunta dan lain-lain.




  • Pulau Keureusik   

Kategori : Ekowisata

Alamat Lokasi : Pulau Keureusik terletak diantara Pulau Beras dan Pulau Nasi. Kecamatan Pulo Aceh.

Cara Menuju Lokasi :   Dari Banda Aceh dengan menumpangi (boat) perahu motor membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.







Info :  Pulau Keureusik mempunyai panorama pantai yang indah menakjubkan, disini wisatawan bisa melakukan aktifitas seperti berenang ataupun memancing.







  • Air Terjun Seuhom, Lhoong  

    Kategori : Ekowisata

    Alamat Lokasi : Desa Krueng Kala, Kecamatan Lhoong. Kabupaten Aceh Besar

    Cara Menuju Lokasi :   Dari Kota Banda Aceh jarak tempuh sekitar 1 jam, Perjalanan ke sana melalui rute Banda Aceh – Calang (Aceh Jaya), melewati Pantai Lampuuk dan Pantai Lhoknga, bisa menggunakan transportasi umum, atau kendaraan pribadi.






    Info :  Posisi air terjun ini berada di tengah panorama alam yang indah dan alami. Di sekitarnya terdapat banyak pohon durian, sehingga pada musim durian banyak yang berjualan durian di sekitar air terjun. Di samping itu, di sekitar air terjun juga terdapat lokasi yang dapat digunakan untuk berkemah (camping). Air terjun yang deras ini juga menjadi sumber energi listrik bagi masyarakat di sekitar Desa Kreung Kala. Sebuah pembangkit listrik tenaga mikrohidro kini telah dibangun di dekat air terjun dan dioperasikan untuk mengaliri listrik kepada sekitar 200 KK (Kepala Keluarga) penduduk Desa Kreung Kala.







    • Krueng Jreu

    Kategori : Ekowisata

    Alamat Lokasi : Desa Krueng Lam Kareung, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar. Jarak tempuh dari Kota Banda Aceh sekitar 35 menit.

    Cara Menuju Lokasi :  Menggunakan kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat. Belum ada kendaraan umum untuk menuju obyek wisata ini






    Info :  Krueng dalam bahasa Aceh yang artinya Sungai. Selain menikmati pemandangan alam hutan yang asri, Dikawasan wisata ini pengunjung juga bisa melakukan aktivitas memancing disungai yang sangat jernih. Luas lokasi wisata ini sekitar 50 Hektar. Obyek ekowisata ini pantas untuk dikunjungi.
    Category:
    ��

    Comments