05.10 | Posted in
Kabupaten Aceh Tamiang

Tamiang pada awalnya merupakan satu kerajaan yang pernah mencapai puncak kejayaan dibawah pimpinan seorang Raja Muda Setia yang memerintah selama tahun 1330 - 1366 M. Pada masa kerajaan tersebut wilayah Tamiang dibatasi oleh daerah-daerah : * Sungai Raya / Selat Malaka di bagian Utara * Besitang di bagian Selatan * Selat Malaka di bagianTimur * Gunung Segama ( gunung Bendahara / Wilhelmina Gebergte ) di bagian Barat. Pada masa kesultanan Aceh, kerajaan Tamiang telah mendapat Cap Sukureung dan hak Tumpang Gantung dari Sultan Aceh Darussalam atas wilayah Negeri Karang dan negeri Kejuruan Muda. Sementara negeri Sultan Muda Seruway, negeri Sungai Iyu, negeri Kaloy dan negeri Telaga Meuku merupakan wilayah-wilayah yang belum mendapat cap Sikureung dan dijadikan sebagai wilayah protector bagi wilayah yang telah mendapat cap Sikureung. Data - data Kerajaan Tamiang : 1.Prasasti Sriwijaya yang diterjemahkan oleh Prof. Nilkanta Sastri dalam " The Great Tamralingga (capable of Strong Action in dangerous Battle "( Moh. Said 1961:36) 2.Data kuno Tiongkok ( dalam buku " Wee Pei Shih " ) ditata kembali oleh I.V.Mills, 1937, halaman 24 tercatat negeri Kan Pei Chiang ( Tamiang ) yang berjarak 5 Km(35 Mil Laut) dari Diamond Point ( Posri ). 3.Kerajaan Islam Tamiang dalam The Rushinuddin`s Geographical Notices ( 1310 M ). 4.Tercatat sebagai " Tumihang " dalam syair 13 buku Nagara Kartagama ( M.Yamin, 1946 : 51 ). 5.Benda-benda peninggalan budaya yang terdapat pada situs Tamiang ( Penemuan T.Yakob, Meer muhar dan Penulis Sartono dkk ).

Cara Menuju Lokasi :

Dari Kota Banda Aceh jarak tempuh sekitar 8-10 jam, menggunakan transportasi bus umum ataupun kendaraan pribadi

A. Bukit Kerang

Bukit Kerang merupakan obyek wisata yang unik dari Kabupaten Aceh Tamiang, dimana Bukit Kerang ini adalah kumpulan dari kerang-kerang yang sangat banyak sehingga menyerupai bukit. Bukit Kerang ini juga terdapat di desa lainnya di Kabupaten ini yaitu di Desa Pangkalan, Kec.Kejuruan Muda, yang merupakan salah satu situs purbakala, dimana telah ditemukan fosil-fosil manusia purba yang telah hidup ribuan tahun yang lampau.


Cara Menuju Lokasi :

Bisa menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat.











2. Air Terjun Tujuh Tingkat

Air Terjun Tujuh Tingkat merupakan salah satu obyek wisata alam yang ada di kabupaten ini. Lokasi air terjun ini masih sangat alami sekali.



Cara Menuju Lokasi :

Jarak dari ibukota Kabupaten menuju lokasi sekitar 60 km, bisa menggunakan kendaraan bermotor. Untuk menuju air terjun dengan berjalan kaki.



3 Pantai Kuala Penaga
Alamat Lokasi : 
Desa Penaga, Kecamatan Seruway, Jarak Tempuh sekitar 30 km dari Kota Kuala Simpang
 
Cara Menuju Lokasi :

Untuk mencapai lokasi ini harus menggunakan perahu motor, untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Pemerintah Daerah Aceh Tamiang
 **Objek wisata ini belum dilengkapi dengan sarana yg memadai

4. Air Terjun Telaga Punti

Alamat Lokasi :

Desa Alue Punti Kecamatan Karang Baru, Jarak tempuh sekitar 10 km dari Kota Kuala Simpang (Ibukota Kabupaten)
 
Cara Menuju Lokasi :

Kendaraan yang bisa menuju kesini menggunakan mobil dan sepeda motor 
Category:
��

Comments