18.12 | Posted in
  • Maulid Nabi Muhammad SAW

Maulid Nabi Muhammad SAW adalah acara yang selalu diperingati oleh umat muslim di Aceh. Acara ini biasanya berlangsung di Masjid, dan Meunasah. Acara diisi dengan kegiatan seperti Pembacaan Al-Quran, Salawat, Zikir, dan Dakwah agama.






  • Peusijuk / Tepung Tawar  
Peusijuk atau Tepung Tawar merupakan salah satu tradisi leluhur Masyarakat Aceh yang tetap dipelihara dan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah Allah SWT. Peusijuk ini biasanya dilakukan pada saat acara pernikahan, kelahiran, naik haji, menempati rumah baru, dan lain lain.



Acara Peusijuek Dalam Pernikahan



Acara Peusijuk Calon Jemaah Haji Wanita


 Acara Peusijuk Sunatan



  • Kenduri Blang 

Kenduri Blang merupakan upacara tradisional yang berhubungan dengan musim turun kesawah. Kegiatan ini biasanya dilakukan dua kali dalam setahun, pada saat musim tanam dan panen padi. Upacara ini dipimpin oleh Keujreun Blang (seorang pemimpim informal para petani) yang membacakan do`a agar diberikan hasil panen yg baik. Kegiatan ini merupakan rutinitas para petani di Pesisir Pantai Timur Aceh


 Acara Kenduri Blang


  • Kenduri Laot  

Kenduri Laot dimaksudkan memohon kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dalam menangkap ikan dan dijauhkan dari segala marabahaya. Acara diisi dengan pembacaan ayat-ayat Al-Quran dan doa bersama. Kenduri Laot ini biasanya dilakukan sekali dalam setahun.



Acara Kenduri Laot
Category:
��

Comments